Selasa, 10 Mei 2011

Masalah Demokrasi

Demokrasi telah menjadi bagian dari NKRI. Melalui demokrasi salah satunya masyarakat umum dituntut untuk ikut andil dalam pembangunan Negara demokrasi.

Dengan demokrasi kita sebagai rakyat diberikan kesempatan untuk mengeluarkan pendapat kita dan salah satu wujud nyata kita sebagai rakyat hadir dalam pesta demokrasi (pemilihan umum) dengan hak hak kita yang telah tertulis dalam UUD.

Tapi, mengapa demokrasi yang berlaku dinegri ini seakan akan berbalik dari cita cita dan demokrasi yang sesungguhnya dari NKRI? kekuasaan para pejabat pejabat negri ini malah terkadang menyerang rakyat. Rakyat terlunta lunta, korupsi dimana mana, kelaparan dimana mana, pembangunan pembangunan dinegri ini kebanyakan terhambat, manajemen dinegri ini terasa kurang sehat.

Apakah ini hanya bagian dari perjalanan dari negri berkembang seperti negeri kita ini ,atau ada sesuatu yang memang salah? Semua kembali kepada kita. Kepada diri kita kitapun bisa bertanya.

Suatu ketika sewaktu pemilihan kepala daerah didaerah kami, saya sempat menyaksikan kejadian yang cukup membuat saya gelih sekaligus miris. Disana saya melihat kejadian si rakyat disodorkan ‘umpan pancing’ oleh sipencalon kepala daerah dengan syarat harus memilih sikepala daerah yang menyogok untuk menjadi kepala daerah tersebut. Saya sontak agak bingung saat menyaksikan ini. Kemudian saya berfikir, mungkin saya fikir inilah awal dari demokrasi kita menjadi salah dan gagal, sedangkan sirakyatpun untuk memilih pemimpin mereka sendiri di ‘umpan disogok? bagaimana kelanjutannya jika diawal saja sudah begini? Apakah kurangnya kesadaran rakyat dan pejabat pemerintah tentang hal ini atau ada satu penyebab yang lain?

Menurut saya kesadaran dan kerjasama antara rakyat dan pemimpinlah yang perlu ada. Rakyat banyak menuntut kepada para pemerintah, pejabat tinggi negri ini. Tentang kepemimpinan, tentang pembangunan jalan yang rusak dimana mana, pembangunan dengan anggaran yang fantastis tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Bagaimana bisa menjadi baik semua itu jikalau kita memilih pemimpin kita saja dengan ‘umpan pancing’??. Sudah tentu pemimpin itu bukan pemimpin yang baik jikalau mencari pendukung dengan cara seperti itu??

Yang perlu ada pada kita sebagai rakyat ataupun pejabat pemerintah adalah sadar dan kerjasama yang baiklah yang dibutuhkan negri ini. Kita punya begitu sumberdaya alam yang melimpah yang bisa kita kelola jika ada kesadaran dan kerjasama yang baik antar pemerintah dan rakyat. Mungkin hal ini dianggap sepele, dari sebagian sumber masalah dinegri ini. Tapi alangkah baiknya kalau kita memulai perubahan baik itu walaupun dari hal yang kecil. Karena saya yakin asal dari sesuatu yang besar itu adalah dari sesuatu yang kecil dulu…

Ini hanyalah opini yang mengajak kita berfikir sejenak ..

Penulis : Noni afriani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar